Mengatasi Bengkak pada Gusi dengan Cara Mudah Bahkan tanpa obat!

bayu
0
Memiliki gusi yang sehat sama pentingnya dengan menjaga kebersihan gigi di setiap hari. Kondisi gusi yang buruk dapat menimbulkan banyak masalah yang memengaruhi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah pembengkakan gusi, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti infeksi bakteri, kebersihan mulut yang buruk, stres, atau bahkan penyalahgunaan obat-obatan tertentu.

Sebuah riset yang diterbitkan di website harbvard mengatakan bahwa, “kondisi ini dapat menyebar ke jaringan lain di mulut, serta menyebabkan gigi menjadi goyang dan bahkan rontok jika tidak diobati secepatnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati kondisi gusi bengkak secepat mungkin.


Ada beberapa cara untuk mengatasi gusi bengkak tanpa obat, serta membahas cara mengatasi gusi bengkak dengan obat-obatan.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Obat

1.Pijat Gusi

Pijatan gusi secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya penyakit gusi dan meningkatkan kesehatan gigi Anda. Pijat gusi juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meredakan bengkak, dan mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif. Selain itu, pijat gusi juga dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Cara nya sangat mudah, gunakan jari yang bersih atau sikat gigi lembut untuk memijat gusi anda secara perlahan.

2.Garam dan Air Hangat

Garam adalah agen antibakteri yang alami dan sangat efektif dalam membantu mengurangi pembengkakan pada gusi. Larutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu gunakan campuran ini sebagai obat kumur selama beberapa menit sebelum berkumur.

3.Teh Chamomile

Teh chamomile mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang terbukti secara ilmiah dapat membantu mengobati gusi bengkak. Seduh satu kantong teh chamomile dalam segelas air, dan setelah dingin, gunakan teh tersebut sebagai obat kumur.

4.Lidah Buaya

Lidah buaya yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada gusi. Potong lidah buaya, dan oleskan lendir pada gusi Anda.

5.Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah agen antimikroba alami dan anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi pembengkakan pada gusi. Gunakan secangkir minyak kelapa untuk berkumur selama beberapa menit setiap hari.

6.Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat rumahan untuk meredakan sakit gigi dan gusi bengkak. Gunakan beberapa tetes minyak kayu putih, dan oleskan pada gusi dengan kapas.

7.Jahe dan Madu

Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu meredakan peradangan pada gusi. Tambahkan madu ke dalam jahe dan bubuk, lalu oleskan campuran tersebut pada gusi Anda.

8.Teh herbal dari tanaman Arnica

Arnica adalah tanaman obat yang sering digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Seduh satu sendok teh teh herbal arnica dalam segelas air hangat, dan berkumur selama beberapa menit setiap hari.

9.Jus Delima

Jus delima mengandung antioksidan yang disebut punicalagin yang terbukti dapat membantu menekan peradangan pada gusi yang bengkak. Minum segelas jus delima setiap hari atau berkumur dengan minuman ini setelah diseduh dengan air hangat.

10.Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri alami yang dapat membantu meredakan peradangan pada gusi yang bengkak. Campurkan beberapa tetes minyak kunyit dengan sedikit air dan garam, berkumur selama beberapa menit setiap hari.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Obat-obatan


Jika langkah-langkah yang kami sebutkan di atas tidak berhasil mengurangi pembengkakan dan nyeri di gusi Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan obat-obatan berikut.

1.Jenis obat kumur yang dapat digunakan

Pilih obat kumur yang mengandung antiseptik untuk membantu mencegah dan mengobati infeksi pada gusi.

2.Jenis obat penghilang rasa sakit yang aman untuk digunakan

Jangan sembarang memilih obat penghilang rasa sakit, pastikan obat tersebut aman untuk digunakan dan sesuai untuk usia Anda. Hindari mengunyah obat yang dapat merusak gusi seperti permen karet.

3.Obat antibiotik untuk kondisi gusi yang lebih serius

Jika pembengkakan pada gusi Anda terus bertambah parah, maka mungkin diperlukan obat antibiotik guna membantu menyembuhkan infeksi pada gusi.

Mencegah Gusi Bengkak di Masa Depan




Pencegahan selalu jauh lebih baik daripada pengobatan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah gusi bengkak di masa depan:

1.Menjaga Kebersihan Mulut

Sikat gigi dan bersihkan gigi Anda setidaknya dua kali sehari, gunakan benang gigi, dan jangan lupa untuk berkumur setidaknya sekali sehari.

2.Menghindari Makan Makanan Terlalu Manis atau Asin

Hindari makanan yang mengandung banyak gula, dan garam secara berlebihan karena dapat memicu infeksi pada gusi.

3.Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Melakukan kunjungan profilaksis ke dokter gigi secara teratur dapat membantu mencegah peningkatan risiko gangguan gusi dan gigi.

Gusi Bengkak pada Anak-anak Penyebab umum pembengkakan gusi pada anak-anak adalah gigi bayi sedang tumbuh atau adanya trauma pada bagian mulut. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengatasi kondisi ini:

Cara mengatasi gusi bengkak pada anak-anak




Pijat gusi anak Anda dengan lembut, atau oleskan setetes minyak kayu putih atau ramuan chamomile yang direbus ke dalam air dan dioleskan dengan kapas.

Jika pembengkakan pada gusi anak Anda parah dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka bawa anak Anda ke dokter gigi secepat mungkin untuk evaluasi lebih lanjut dan pengobatan lebih lanjut.

Jadi, Dibanding mengabaikan gejala gusi bengkak, lebih baik mencari cara untuk mengatasinya dengan segera. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati kondisi gusi bengkak secepat mungkin. Begitu juga dengan mencegah terjadinya pembengkakan gusi pada masa mendatang. Terima kasih telah membaca artikel kami tentang cara mengatasi gusi bengkak, jangan lupa selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi di setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat.
  • Lebih baru

    Mengatasi Bengkak pada Gusi dengan Cara Mudah Bahkan tanpa obat!

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)