Cara Memperbaiki bentuk kaki O (Genu Varum) Dengan Efektif

bayu
0
Kaki merupakan salah satu anggota tubuh hewan atau manusia yang digunakan untuk berjalan. Kaki terdiri dari beberapa bagian,termasuk telapak kaki,sendi yang bekerja dalam suatu sistem terpadu sehingga memungkinkan bagi inang untuk berjalan.(wikipedia)
Mempunyai bentuk kaki yang indah menjadi dambaan sebagian besar orang,terutama bagi kaum wanita. Namun,tidak semua orang dianugerahi bentuk kaki yang indah secara alami. Beberapa orang memiliki bentuk kaki yang bengkok,terlalu besar,atau terlalu kecil. Salah satu masalah yang paling umum dan sering dihadapi oleh banyak orang adalah kaki yang terlalu o atau bow legged.

Kaki o atau bow legged adalah gangguan ortopedi yang menyebabkan kaki tampak melengkung di bagian bawah lutut sehingga tampak seperti huruf “o” atau “x” ketika dilihat dari depan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor,seperti kelainan genetik,kekurangan nutrisi,cedera,atau bahkan kebiasaan duduk yang salah.

Kaki o dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan,seperti sakit kaki,nyeri pinggul,dan kesulitan berjalan atau berlari dengan nyaman. Oleh karena itu,banyak orang ingin memperbaiki bentuk kaki mereka agar tampak lebih indah dan sehat. Namun,bagaimana cara yang efektif untuk memperbaiki bentuk kaki o?

cara memperbaiki bentuk kaki O
kaki o dan normal



Bentuk kaki O atau genu varum,umumnya banyak terjadi pada anak- anak . Penderita penyakit ini umumnya menunjukkan bentuk kaki dengan bentuk lutut dan tulang yang melengkung keluar,sehingga jika di lihat sekilas menyerupai bentuk huruf O apabila di perhatikan, dan karna bentuk kaki ini umumnya membuat seseorang berjalan tidak seimbang. Penyebab kaki O bisa disebabkan oleh kondisi bawaan lahir dari misal orang tau atau gen nya memang semua berbentuk kaki O,pertumbuhan tulang yang tidak sempurna saat usia dini,bahkan obesitas sejak dini bisa menyebabkan bentuk kaki menjadi O.

Ada juga yang berpendapat bahwa bentuk kaki o disebabkan:


  • Posisi tidur yang salah sejak lama
  • Posisi duduk dengan membentuk kaki seperti huruf W,
  • Cara ibu menggendong yang salah
  • Pemakaian popok saat bayi yang tidak benar
  • Memaksakan pemakaian baby walker pada usia balita padahal kaki pada usia yang masih sangat dini sehingga belum bisa menopang tubuhnya secara keseluruhan.



Kebanyakan orang kaki O tidak melakukan perawatan atau treatment khusus seperti otopedi untuk memulihkannya sehingga sampai dewasa tidak ada perubahan . Kondisi ini cukup berpengaruh pada kondisi kenyamanan pinggul saat berjalan,lutut dan daerah kaki penderita kaki O. Lambat laun,penyakit kaki O akan memengaruhi gaya berjalan bagi yang memiliki dan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang yang menderitanya. Adakah cara untuk memulihkan kaki dengan berbentuk O? Berikut beberapa cara yang bisa anda praktekkan di rumah dan saya rangkum dalam beberapa video. Ada beberapa tips Olahraga yang dapat dilakukan :


1.Squat Squats merupakan latihan yang sangat efektif untuk memperkuat otot-otot kaki dan pinggul,serta membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan. Lakukan squat dengan kaki selebar bahu,pastikan lutut dan kaki sejajar. Turunkan tubuh hingga posisi kakimu membentuk sudut 90 derajat,lalu kembali ke posisi awal.

2.Lunges Lunges merupakan latihan yang fokus pada memperkuat otot-otot kaki bagian atas dan pinggul. Lakukan lunges dengan maju ke depan dengan satu kaki dan menekuk lutut hingga kaki belakang hampir menyentuh lantai,lalu kembali ke posisi awal dan ulangi dengan kaki yang lain.

3.Leg Press Leg press adalah latihan yang melibatkan mesin khusus gym atau dengan menggunakan beban. Caranya adalah dengan duduk di atas mesin atau menempatkan beban di atas pundak,lalu dorong kaki hingga lurus.

Semoga informasi  ini berguna bagi pembaca terutama yang ingin memperbaiki bentuk kakinya dan mungkin saja berkainginan memasuki kesatuan tertentu.

Beberapa Video dari youtube yang bisa membantu anda:























Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)