Obat Kembung yang Efektif dan Cara Menghindari Kembung

bayu
0


Kembung atau perut kembung bisa terjadi pada siapa saja dan menyebabkan ketidaknyamanan. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh gangguan pencernaan yang bisa disebabkan oleh makanan yang dimakan, kebiasaan hidup yang tidak sehat, atau kondisi medis tertentu. 

Munculnya kembung biasanya menyebabkan gejala seperti rasa tidak nyaman, nyeri, bahkan kembung yang terasa sesak. Ada beberapa obat yang efektif dalam meredakan kembung dan mengatasi masalah pencernaan lainnya.

Obat Kembung yang Efektif

Berikut adalah beberapa obat yang dapat membantu meredakan kembung dan masalah pencernaan lainnya.

1. Antasida

Antasida adalah obat yang ampuh dalam meredakan kembung dan rasa tidak nyaman pada perut. Obat ini bekerja untuk menetralkan kelebihan asam lambung pada sistem pencernaan dan membantu mengurangi gejala-gejala yang terkait. Beberapa jenis antasida yang tersedia di pasaran meliputi Alumunium hydroxide, Magnesium hydroxide, Maalox, dan Mylanta.

2. Simetikon

Simetikon adalah zat yang biasa digunakan sebagai agen pencuci mulut untuk membantu memecah gelembung udara di dalam perut yang dapat menyebabkan kembung. Kandungan simetikon di dalam obat-obatan tertentu seperti Gas-X, Mylicon, dan Phazyme dapat membantu meredakan gejala kembung dengan cepat.

3. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di dalam saluran pencernaan. Suplemen probiotik seperti S. boulardii, L. acidophilus, dan B. bifidum dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi gejala kembung. Probiotik bekerja dengan membantu mengatur flora bakteri dalam sistem pencernaan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

4. Pepsin

Pepsin sendiri adalah enzim yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti kembung. Pepsin membantu memecah protein dalam makanan yang Anda konsumsi. Suplemen pepsin yang diambil sebelum makan dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan mengurangi kemungkinan kembung.

5. Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan seperti Papain dan Bromelain membantu memecah protein dalam makanan dan mempercepat proses pencernaan dalam tubuh Anda. Suplemen enzim pencernaan dapat membantu mengurangi gejala kembung dan membantu Anda merasa lebih nyaman setelah makan.

Tips untuk Menghindari Kembung

Selain obat-obatan, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah kembung, di antaranya:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Kurangnya air dalam tubuh Anda dapat menyebabkan perut menjadi kencang dan kembung. Pastikan Anda minum banyak air putih sepanjang hari, setidaknya 8 gelas sehari.

2. Hindari Makanan yang Menyebabkan Kembung

Banyak makanan seperti sayuran yang mengandung gas dan makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan kembung dan perut kembung. Hindari makanan yang mungkin menyebabkan kembung, seperti kacang-kacangan, kol, brokoli, buncis, kacang lentil, susu, alpukat, dan kentang goreng. Sebaliknya, makanlah makanan yang lebih rendah lemak dan kaya serat seperti sayuran, buah, dan biji-bijian.

3. Olahraga secara Teratur

Olahraga membantu melancarkan pencernaan dan mempercepat metabolisme tubuh. Ini dapat membantu mencegah kembung dan masalah pencernaan lainnya. Cukup 20-30 menit aktivitas per hari dapat membantu secara signifikan.

4. Makan Pelan-Pelan

Saat makan, coba untuk mengunyah makanan secara pelan-pelan dan dengan baik. Kecepatan mengunyah makanan yang cepat membuat udara terjebak di dalam sistem pencernaan, dan berpotensial menimbulkan kembung.

5. Hentikan Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol telah terbukti mempengaruhi saluran pencernaan dan mengakibatkan kembung. Hindari merokok dan minuman beralkohol, atau bahkan hentikan kebiasaan tersebut untuk membantu menghindari kembung.


Kembung biasanya terkait dengan gangguan pencernaan dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup kuat. Beberapa obat seperti antasida, simetikon, probiotik, pepsin, dan enzim pencernaan dapat membantu meredakan kembung.

Anda juga dapat melakukan beberapa tindakan yang tepat untuk menghindari munculnya kembung, seperti meminum air yang cukup, menghindari makanan yang menyebabkan kembung, dan berolahraga secara teratur. Oleh karena itu, disarankan untuk merawat pola makan dengan bijak dan mencoba untuk menjalankan gaya hidup sehat dan bugar untuk menurunkan risiko kembung dan penyakit lainnya. Meskipun terdapat beberapa obat kembung yang efektif, tetapi sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu jika Anda mengalami masalah pencernaan secara teratur.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)