Pusing Kepala Akibat Kolesterol? Yuk, Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasinya

bayu
0


Kolesterol memang diperlukan oleh tubuh untuk membangun sel-sel baru dan menjaga keseimbangan hormon, namun jika terlalu banyak dapat menjadi masalah. Terutama jika sebagian besar kolesterol yang dikonsumsi berasal dari makanan tinggi lemak jenuh atau makanan cepat saji. Kolesterol yang berlebihan dapat membentuk plak pada pembuluh darah, sehingga menghambat aliran darah ke otak dan menyebabkan sakit kepala atau migrain.
Selain itu, tingginya kadar kolesterol juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sehingga sangat penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara mengatur pola makan sehat, menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan olahraga rutin.

Namun, jika sakit kepala atau migrain sudah dirasakan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk meredakannya. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

Makan Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat memicu pusing kepala. Sebaliknya, makanan berlemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan migrain dan sakit kepala.

Beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat antara lain buah-buahan segar seperti apel, pisang, dan stroberi yang kaya akan serat dan antioksidan; sayuran segar seperti brokoli, bayam, dan kubis yang kaya akan serat dan nutrisi; kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kenari yang kaya akan lemak sehat dan protein; serta ikan laut seperti salmon, makarel, dan ikan tuna yang kaya akan omega-3 dan lemak sehat lainnya.

Hindari makanan berlemak seperti kulit ayam, sosis, dan daging merah berlemak. Sebaiknya gunakan daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit atau ikan.

Rutin Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Pilihlah olahraga yang disukai seperti lari, berjalan cepat, berenang, atau bersepeda. Lakukan olahraga selama minimal 30 menit setiap hari atau lima kali seminggu.

Istirahat Cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kepala pusing. Coba tidur minimal 7-8 jam per hari dan hindari begadang. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari untuk memperbaiki pola tidur.

Jika kesulitan tidur, membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan bisa membantu. Hindari penggunaan gadget atau menonton tv sebelum tidur.

Kendalikan Stres

Stres dan kecemasan bisa memicu pusing kepala. Praktikkan teknik pernapasan, meditasi atau yoga untuk membantu mengurangi stres. Mencari hobi yang bisa membantu melepaskan stres seperti menjahit, memasak, atau berkebun juga bisa membantu.

Jika stres terasa sangat berat, berkonsultasilah dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan dukungan.

Minum Cukup Air Putih

Kekurangan cairan dalam tubuh rentan menyebabkan dehidrasi, yang dapat memicu sakit kepala. Pastikan Anda meminum cukup air putih setiap hari dan hindari minuman berkafein.

Idealnya, kita membutuhkan minimal 8 gelas air putih per hari. Namun, kebutuhan cairan tiap individu bisa berbeda-beda tergantung dari aktivitas dan kondisi tubuh masing-masing.

Kurangi Konsumsi Garam Berlebihan

Konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memperburuk kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga, mengurangi asupan garam bisa membantu dalam mengurangi risiko pusing kepala.

Usahakan untuk tidak menambahkan garam pada makanan dan hindari makanan olahan yang biasanya mengandung banyak garam, seperti keripik, daging olahan, saos instan, dan camilan tertentu.


Jadi, Pusing kepala akibat kolesterol memang tidak berbahaya, tetapi jika berkepanjangan, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan menerapkan tips-tips di atas diharapkan dapat membantu meredakan pusing kepala dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika pusing kepala berkepanjangan atau disertai gejala lainnya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)