Cara mencuci tangan dengan benar, Catat! sebelum menularkan penyakit

bayu
0

Apa Penyebab Tangan Kita Kotor dan Bahayanya Bagi Kesehatan?

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit adalah dengan rajin mencuci tangan. Sayangnya, tidak semua orang menyadari pentingnya perilaku ini. Padahal tangan kita telah terkena banyak kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Bahkan tangan yang terlihat bersih sekalipun bisa saja mengandung kuman dan bakteri yang membahayakan kesehatan.
Faktor-faktor yang menjadikan tangan kita terkontaminasi antara lain adalah kontak dengan lingkungan yang tercemar, tindakan menjelaskan hidung dan mulut, bersin atau batuk, menyentuh hewan atau binatang, dan menyentuh benda yang kotor seperti tempat sampah. Kuman dan bakteri yang menempel pada tangan ini kemudian dengan mudah berpindah dan menyebar ke orang lain saat kita bersentuhan atau berinteraksi dengan lingkungan berikutnya.

Bahaya dari tidak mencuci tangan dengan benar dapat meningkatkan risiko terkena berbagai jenis penyakit yang rentan menyebar melalui kontak langsung dengan manusia, seperti diare, flu, muntah, dan infeksi saluran pernapasan. Kuman dan bakteri yang masuk melalui lubang hidung, mulut, dan mata dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan merusak kesehatan. Sayangnya, kurang dari 5 persen orang yang mencuci tangan secara benar dan teratur untuk meminimalisir risiko terinfeksi kuman dan bakteri tersebut.

Cara Mencuci Tangan dengan Benar dan Pemilihan Sabun yang Tepat

Cuci tangan mungkin terdengar sederhana bagi sebagian orang, tetapi teknik yang benar ternyata sangat penting untuk memaksimalkan manfaatnya. Mencuci tangan dengan benar melibatkan proses yang tepat, seperti menggosokkan sabun pada semua area tangan dan jari yang dibutuhkan, dan dibarengi durasi cuci tangan yang juga diperlukan.

Durasi untuk mencuci tangan sekitar 20-30 detik yang sebenarnya cukup lama, selama waktu mencuci tangan dengan benar dapat membantu menghilangkan kuman dan bakteri di seluruh tangan. Selain itu, pilihlah sabun yang tepat agar proses mencuci tangan lebih efektif. Sabun antibakteri bisa Anda jadikan pilihan karena kandungannya bisa membunuh kuman dan bakteri pada tangan dengan lebih efektif. Sebaiknya, hindari memilih sabun dengan aroma buah-buahan atau karakteristik lainnya karena kemungkinan sabun tersebut kurang fokus pada aspek pembersihan tangan.

Bagaimana Merawat Tangan dan Kulit dengan Benar?

Cuci tangan dengan benar tidak hanya membantu membunuh kuman, tapi juga menjaga kulit tangan agar lembut dan tetap sehat. Merawat tangan dan kulit sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah kulit yang sering dihadapi seperti kulit kering, pecah-pecah, dan gatal.


Pertama-tama, pastikan tangan Anda selalu kering, karena kelembaban bisa menurunkan kualitas kesehatan dari kulit tangan. Sebaiknya, gunakan hand-sanitizer ketika air dan sabun tidak tersedia. Produk-produk tambahan yang bisa disarankan bisa berupa losion tangan, minyak sayur, atau salep khusus agar kulit tetap lembut dan tidak mengalami masalah kulit.

Kesimpulannya,Cuci tangan adalah kebiasaan yang mudah dan murah, tetapi bisa memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Dalam melakukan cuci tangan, pastikan melakukan teknik yang benar, pilih sabun yang tepat, dan terus menjaga kebiasaan cuci tangan secara konsisten. Disamping itu, penting juga untuk merawat tangan soalnya kulit yang sehat bisa memperkuat sistem perlindungan tubuh. Semoga artikel ini bisa meningkatkan kesadaran Anda untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan menjadi manfaat bagi diri sendiri dan juga orang di sekitar.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)