Ternyata Begini Cara Efektif Menurunkan Tensi Tinggi, Tidak perlu ke Dokter Lagi

bayu
0


Apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi atau mungkin ingin mencegahnya terjadi di masa depan? Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang umum terjadi di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. 
Ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Namun, jangan khawatir, karena Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk menurunkan tensi darah tinggi dan mencegahnya.

Definisi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah dalam arteri lebih tinggi dari normal. Tensi darah normal adalah kurang dari 120/80 mmHg. Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah Anda mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hipertensi, seperti diet tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, stres, obesitas, dan kebiasaan merokok.

Cara menurunkan tensi darah tinggi

Diet rendah garam Mengurangi asupan garam adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tensi darah tinggi. Dalam hal ini, perlu dihindari makanan yang mengandung natrium tinggi, seperti makanan cepat saji, camilan yang mengandung garam, dan daging olahan. Gantilah dengan sayuran dan buah-buahan segar sebagai alternatif. Konsumsi garam sebanyak satu sendok teh per hari sudah sangat cukup untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

1.Olahraga teratur 
Olahraga teratur bisa membantu Anda menurunkan tensi darah tinggi. Anda dapat memilih jenis olahraga aerobik atau latihan kekuatan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk hasil terbaik.

2.Pengelolaan stres 
Stres bisa menyebabkan tensi darah Anda meningkat. Teknik pernapasan, senam yoga, meditasi, dan terapi relaksasi lainnya bisa membantu Anda mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

3Tidur cukup 
Tidur malam yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tensi darah tinggi. Disarankan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malam. Cara lain untuk meningkatkan kualitas tidur Anda adalah dengan menjaga lingkungan di sekitar tempat tidur Anda tenang, gelap, dan sejuk.

4.Diet DASH 
Diet DASH (Dietary Approach to Stop Hypertension) adalah pola makan yang direkomendasikan untuk mencegah tekanan darah tinggi. Diet ini melibatkan makanan rendah garam, tinggi kalium, dan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

5.Pengecekan kesehatan berkala 
Mengecek tekanan darah secara teratur penting bagi mereka yang memiliki risiko terkena hipertensi. Pastikan Anda mengunjungi dokter secara berkala dan mengukur tekanan darah Anda.

Pencegahan tekanan darah tinggi

Makanan sehat dan menghindari minuman beralkohol dan rokok dapat membantu mencegah hipertensi. Pastikan makanan yang dikonsumsi sehat, seperti makanan kaya serat, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Hindari minuman berkafein, dan redakan konsumsi alkohol dan merokok.

jadi, Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius, tetapi dapat dihindari atau dikendalikan dengan cara yang mudah dilakukan. Memiliki gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat, olahraga teratur, mengelola stres, tidur cukup, dan menjaga berat badan dapat membantu menurunkan tensi darah tinggi. Selalu ingat untuk mengunjungi dokter secara berkala dan mengontrol tekanan darah Anda dengan benar.

Daftar Pustaka:

American Heart Association. (2021). Understanding Blood Pressure Readings. Diakses pada 14 September 2021 dari https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/understanding-blood-pressure-readings.

Centers for Disease Control and Prevention. (2021). High Blood Pressure. Diakses pada 14 September 2021 dari https://www.cdc.gov/bloodpressure/about.htm.

Harvard Health Publishing. (2017). 10 ways to control high blood pressure without medication. Diakses pada 14 September 2021 dari https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/10-ways-to-control-high-blood-pressure-without-medication.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)